Cerita Dari Panggung Jendela Raksasa

Posted on Jan 16, 2017 | No Comments
Cerita Dari Panggung Jendela Raksasa

Menjelang liburan sekolah  bulan Desember kemarin, mulailah kebiasaan mendata acara anak apa saja yang bisa dijadikan pilihan agenda liburan Oza. Aneka iklan film anak edisi liburan sudah mulai naik layar, berbagai workshop bermain sudah mulai wara-wiri di timeline, acara playdate sana-sini juga nggak kalah serunya. Di saat lagi bingung untuk memilih acara liburan anak yang bukan cuma menghibur tapi ada nilai edukasinya, mata saya langsung tertuju pada postingan akun @sazqueen yang lagi cerita tentang drama musikal Jendelaraksasa. Jadi ternyata pertunjukan Teater Musikal anak dan remaja ‘RAKSASA’  ini adalah acaranya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berkolaborasi dengan komunitas seni budaya asal Bandung, Jendela Ide, untuk menyampaikan nilai-nilai integritas kepada anak-anak, remaja dan keluarga melalui kegiatan seni dan budaya. Dan acaranya GRATIS! Whoaaaa…

Melalui teater musikal ini, anak-anak diharapkan bisa memahami, menghayati, mengaplikasikan, dan menyebarkan 10 nilai integritas yang terdiri dari jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, adil, dan sabar. Nilai dasar yang penting banget dilahap sejak dini buat menanamkan hal-hal baik yang akan dituai di masa nanti.

Wah, baca ceritanya langsung jatuh hati. Teater musikal pasti selalu menarik. Apalagi sebelum nonton langsung pertunjukan, saya juga bisa unduh ceritanya di situsnya. Langsung deh Oza saya ajak berkenalan dengan karakter-karakter cerita yang ada dalam dongeng Jendela Raksasa.Seru deh bisa bacain ceritanya dulu sebelum nonton langsung, jadi bikin tambah penasaran. Saya juga sempat (nekat) ikutan meramaikan dongeng dengan menceritakan Cerpen tentang tokoh Rindi.

113

 

 

 

Menjelang hari pementasan teater musikal Jendela Raksasa, Ibu-ibu mulai rusuh buat antri mendapatkan tiketnya. Dan terbukti antusiasmenya para ibu-ibu dahsya banget karena tiket 4 show langsung ludes dalam 30 menit! *tepuk tangan riuh.

Alhamdulillah saya nggak perlu ikutan rusuh rebutan tiket karena dapat jatah tiket dari Sazki, yeayy.. kece banget deh Sazki! Tapiiiiiii.. tiba-tiba di tengah rasa gembira itu ada kabar bahwa jadwal training Agung akhir tahun akan ada di tanggal 17 – 24 Desember 2016 di Bandung. Jreng! Saya putar otak bagaimana supaya bisa tetap datang ke acara yang sudah saya tunggu-tunggu ini. Tapi, sepertinya saya beada di posisi sulit karena di Bandung dihadang beberapa acara yang nggak bisa ditinggalkan, huhu sedih deh..

Terpaksalah saya harus merelakan tiket gratis yang sudah didapatkan dar Sazki dialihkan ke para tetangga dekat yang ingin sekali menonton teater musikal ini tapi kehabisan tiket. Alhamdulillah, jadi bisa berbagi kebahagiaan deh ..

Akhirnya cuma bisa puas melihat cerita-cerita keseruan acara teater musikal Jendela Raksasa di Taman Ismail Marzuki dari live report dari akun instagram @jendelaraksasa. Teater musikal yang diproduseri Budayawan Andar Manik dan disutradarai Seniman Marintan Sirait itu diperankan anak-anak dan remaja. Selain disuguhkan dengan tampilan visual yang luar biasa, para penonton juga dibuat terpukau dengan ilustrasi musiknya yang unik. Ilustrasi musiknya itu ternyata berasal dari Workshop Bunyi yang sebelumnya diadakan di 20 sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kota Bandung dan Jakarta. Konon ada lebih dari 700 siswa diajak mengenal tata cara pembuatan bunyi serta membuat bebunyian, suara itu lalu telah direkam untuk dijadikan ilustrasi musik Teater Musikal ‘RAKSASA’ malam itu. Keren ih!

Oh iya, visual mappingnya yang juara itu adalah hasil karya Sembilan Matahari, ya udah tahulah ya kelasnya karya-karya mereka. Dan kalau baca review, sepertinya bagian kota mesin banyak jadi favorit penonton karena kostum keren yang dibuat sama si @maliyanti #Ibukardus. Tangan-tangan berdarah seni tinggi dari Bandung turun semua deh pokoknya! *keprok-keprok

Semoga tahun depan KPK bikin pertunjukan keren kaya gini lagi dan bisa lihat langsung teater musikal seperti Jendele Raksasa yang memukau ini. Dan semoga apa yang ditonton bisa membekas di hati dan pikiran para penonton, terutama anak-anak yang bisa menyerap nilai-nilai kebaikan yang ada dalam pertunjukan yang sangat menghibur ini..

 

IMG-20161222-WA0048

IMG-20161222-WA0049

Foto by : @sazqueen

Leave a Reply