Emeno di Autumn Fair! #Cerita dibalik Autumn Fair (4)

Posted on Sep 15, 2016 | No Comments
Emeno di Autumn Fair! #Cerita dibalik Autumn Fair (4)

Yeay, 4 September akhirnya tiba juga!

Rasanya hari itu kaya mimpi Emeno Nursing wear bisa mewakili UKM Indonesia ada di booth KBRI di Autumn Fair. Dengan segala keterbatasan properti, termasuk nggak ada manekin, kami tetap melaju dan semangat bergabung bersama usaha lainnya di sini.

Autumn Fair Festival diadakan selama 4 hari, sejak tanggal 4 hingga 7 September 2016 di NEC Birmingham, Inggris. Pameran ini diikuti oleh berbagai supplier brand dari Eropa dan Asia. Pameran ini usianya tergolong tua, karena konon awal mulanya diadakan sejak tahun 1990. Yang paling seru, Autumn Fair menjadi bidikan para buyer baik lokal Inggris maupun Internasional. Ada 13 sektor usaha yang ditawarkan dalam pameran ini, mulai dari home decoration, furniture, karya seni, perlengkapan rumah tangga, mainan anak hingga Fashion. Produknya lucu-lucu banget! Selama 4 hari di sana saya dan Nina gantian keliling melintasi 5 hall yang luas banget sambil melihat-lihat produk lain dan mencari inspirasi juga networking.

Jadi, di pameran ini kita bisa melihat bagaimana para buyer dari sebuah toko atau perusahaan memilih barang-barang untuk tokonya. Ini bukan pameran retail, jadi nggak ada transaksi jual beli di pameran, melainkan justru pemesanan produk dalam partai besar. Kalau sampai ketahuan ada transaksi jual beli di sini, pemilik brand akan dikenakan denda. Nah tapi biasanya di hari terakhir, ada beberapa perusahaan yang menjual beberapa produk displaynya. Kalau boleh dibeli, rezeki deh pokoknya karena harganya biasanya murah!

autumn21

Photo by @adenits

 

aksesoris

capture5

Photo Courtesy : Autumn Fair

Photo Courtesy : Autumn Fair

Produk Indonesia turut ambil bagian di ajang ini melalui booth KBRI London .Yuka Stone Art dari Yogyakarta yang memproduksi kerajinan lampu hias dari batu menjadi primadona para pengunjung. Ada juga Aninda Furniture dari Solo yang memproduksi furniture jati dengan desain yang unik. Ternyata Aninda Furniture ini sudah sering wara-wiri pameran internasional dan produknya sangat digemari oleh pasar eropa. Takjub deh dengar cerita perjalanan usaha pemiliknya, pak Biyp Mukhsen. Untuk penggemar perhiasan, ada mutiara Lombok dan tidak ketinggalan untuk urusan fashion, kali ini Indonesia membawa sesuatu yang unik, pakaian ibu menyusui dari Emeno Nursing Wear, Jakarta.   *Yeaaaayy.. terima kasih tepuk tangan meriahnya :D

 

Nina lagi curhat sama kepala bidang Ekonomi KBRI London :P

Nina lagi curhat sama kepala bidang Ekonomi KBRI London :P

Yuka Lighting Stone Art dari Yogya

Yuka Lighting Stone Art dari Yogya

 

Produk Aninda Furniture dari Solo

Produk Aninda Furniture dari Solo

autumn22

Ibu Fashion Desainer Emeno di Autumn Fair

Kalau menurut pak Vitto, Kepala Bidang Ekonomi KBRI London, kehadiran produk Indonesia di Ajang ini diharapkan bisa membuat produk Indonesia semakin dikenal dan tentu saja untuk meningkatkan peluang kerjasama perdagangan di Britania Raya.

Bagi saya, empat hari di Autumn Fair banyak pengalaman berharga dan istimewa, terutama soal mengamati pasar dan networking. Buat Emeno sendiri, kehadiran di ajang ini seperti menjadi batu loncatan. Selain untuk memperkenalkan produk, jasa konveksi, juga menjadi pengalaman berharga jika suatu saat nanti masuk pameran yang lebih spesifik lagi yaitu, fashion. Karena seperti kita tahu, perkembangan usaha fashion di Indonesia sangat menjamur dan  industri ini memiliki persaingan yang ketat. Tapi seketat apapun, saya selalu percaya akan ada jalan dari setiap ikhtiar yang dilakukan. Nggak pernah ada yang sia-sia dari setiap langkah yang sudah diayunkan. Bisa jadi kesempatan atau peluang itu datang besok atau lusa, minggu atau bulan depan, atau bahkan bertahun-tahun kemudian dalam bentuk yang tidak bisa diduga-duga  =)

img-20160904-wa0037

Terima kasih telah mendukung produk Emeno hadir di Autumn Fair! :)

Terima kasih telah mendukung produk Emeno hadir di Autumn Fair! :)

 

Oiya, selama di sana, saya sempat membuat liputan pendek untuk Citizen Journalism NET TV. Walau blepetan reportasenya karena sudah lupa, tapi lumayanlah berhasil ditayangkan sama Net TV, hihi terima kasih NET TV! :)

http://netcj.co.id/moment/video/180665/produk-indonesia-meriahkan-autumn-fair-inggris

Leave a Reply