Kompilasi Perjalanan #Cerita UK (3)

Posted on Sep 1, 2016 | No Comments
Kompilasi Perjalanan #Cerita UK (3)

Ini postingan edisi lanjutan #EmenoGoesToUK yang lama sekali harus saya unggah karena kendala banyak hal, terutama karena kesibukan yang makin meningkat (Baca: tingkat kemalasan yang semakin tinggi) :D

Perjalanan #EmenoGoesToUK benar-benar memberikan inspirasi yang besar buat saya dan usaha kecil saya Emeno, terutama saat mengunjungi pameran Moda Fashion di Birmingham. Untuk pertama kalinya saya ke pameran yang ditujukan untuk para buyer. Selama ini di Indonesia, saya hanya mendatangi pameran-pameran retail.

Birmi7

Pertama kalinya saya melihat seorang buyer dari dept. store berdiskusi dengan produsen sebelum menentukan membeli produknya untuk dipasarkan di gerainya. Bahkan untuk pemilihan sebuah sepatu, pertanyaan sampai sol sepatu terbuat apa, bahan baku dari negara mana, bagaimana kelangsungan supplai bahan bakunya? Semua itu saya dengar dan saksikan langsung. Menarik deh!

Ada yang lebih menarik lagi saat saya mengunjungi beberapa gerai baju dari Perancis. Saya mengagumi bahan dan jahitannya yang rapi. Setelah ngobrol-ngobrol ternyata diproduksinya di Indonesia. Bengong seketika. Jadi, kesimpulan saya setelah mengunjungi pameran dan berkunjung ke beberapa gerai ternama di Inggris. Beberapa Negara yang diincar untuk menjadi tempat produksi baju mereka adalah Vietnam, Portugal, China dan Indonesia. Hanya saja belakangan ini, Indonesia kalah bersaing dengan Vietnam karena terkait ongkos pengiriman. Eropa lebih memilih memproduksi baju di Vietnam karena letak geografis yang lebih dekat dan konon kabarnya karena kemudahan aturan kerjasama bisnisnya.

Salah satu tempat yang ada dalam daftar adalah mengunjungi gerai baju menyusui  Seraphine, label baju menyusui yang dipakai oleh Princess Kate Middleton. Bertempat di Kensington High Street, jalan protocol dan kawasan bergengsi London, saya cukup lama berada di sana. Selain melihat, mencoba dan membeli beberapa produknya, saya juga mengamati para customer dan ngobrol-ngobrol santai dengan para stafnya seputar produksi baju dan label mereka.

Birmi11

 

Birmi13

 

LGT_Emeno91

Banyak pelajaran dan inspirasi berharga dalam perjalanan riset ini yang mungkin belum sempat saya ceritakan di sini.Oiya, dapat rezeki bisa makan siang sama pak Sandiaga Uno dan istri di Selfridges. Ternyata pak Sandi lagi sekolah S3 bareng sama Randi, sahabat saya. Alhasil dapat mentoring bisnis gratis deh dari beliau. Di tanah air mau ketemu malah susah, lah ini malah ketemu di sini :D.

Yang jelas, kunjungan perdana saya ke Inggris ini begitu berkesan, bukan hanya karena kehangatan warganya dan pesona tiap kotanya yang sangat citygenic. Meski dalam perjalanan singkat ini saya baru sempat mengunjungi  London, Birmingham, Cranfield, Manchester dan nekat mampir Liverpool, tapi kunjungan singkat itu membekas di lubuk hati. Apalagi ada Kania dan Runita, dua mahasiswi Indonesia yang sudah berbaik hati berbagi kamar apartemennya selama saya di sana. Masih ingin mengeksplorasi United Kingdom tapi apa daya, poundsterlingnya hanya tinggal remah-remah dan meski segera pulang kampung hahhaa..

Insya allah akan kembali lagi ya kesini, entah dalam momen apa *pede :D

Terima uang jualan Poundsterling pertama kalinya :')

Terima uang jualan Poundsterling pertama kalinya :’)

LGT_Emeno10

Manchester1

Manc2

 

 

Semoga ada waktu buat nulis lagi perjalanan ke Manchester dan ke Liverpool! Karena sebenarnya bujet perjalanan kala itu hanya kisaran London-Birmingham saja, jadi jalan-jalan ke Manchester disponsori oleh suami tercinta, ihiy! :D

 

 

 

 

Leave a Reply