Tiket ke Heathrow #CeritaUK (1)

Posted on Sep 18, 2015 | 4 Comments
Tiket ke Heathrow #CeritaUK (1)

Berkali-kali saya melihat tiket yang ada di tangan saya. London, Heathrow.

Beberapa jam lagi saya akan terbang ke negeri yang saya cuma dengar ceritanya dari orang lain, penampakannya dari media massa dan sosial media. Setengah bengong cukup lama, saya mencoba kilas balik kenapa akhirnya saya bisa tiba di hari itu, 6 Agustus 2015. Hari yang membawa saya pergi untuk melakukan business trip pertama kalinya. Gaya ya, Ibu rumah tangga yang usahanya masih mungil ini bisa pergi ke UK dengan judul business and research trip? pasti langsung mau nanya deh, bagaimana caranya? Koq bisa? iya saya juga sampai tiket ini ada di tangan masih merasa ini adalah sebuah mimpi. Mimpi indah yang jadi kenyataan :’)

Jadi, gini, masih ingat tentang cerita usaha kecil saya bareng partner @nina_dian kan? Nah, tahun 2012 lalu, kami ikut kompetisi wirausaha muda Shell Live Wire dan menang. Ceritanya pernah ditulis di sini. Nah, tahun 2015, ada kesempatan bagi para pemenang untuk ikutan program Let’s Go Trade. Dan Alhamdulilah, saya atas nama Emeno terpilih menjadi salah satu kandidat yang berangkat untuk program ini.

Negara yang dituju disesuaikan dengan kepentingan usahanya. Sebelumnya saya sempat memilih 2 negara, Australia dan Inggris. Keduanya punya banyak referensi bagus soal baju menyusui dan isu terkaitnya. Tapi lalu pilihan akhir adalah Inggris karena di sini saya lebih banyak mendapat akses informasi, referensi, networking dan banyak emergency contact yang bisa dituju. Di Inggris, produk dan bisnis nursing wearnya juga sudah mapan, karena mereka sudah memulainya dari tahun 2007 dan sudah memiliki banyak merk yang mendunia. Sementara di Indonesia, bisnis ini baru ramai di sekitaran tahun 2010 karena gencarnya kampanye ASI dan menyusui.

Agenda saya mengeksplorasi Inggris Raya selama 3 minggu. Harapannya di sana saya mendapat banyak inspirasi soal pengembangan usaha, belajar banyak dari para toko-toko baju menyusui. Selain riset produk lintas brand di sana, kami juga mencoba membuka & menjalin komunikasi dengan beberapa pemilik usaha nursing wear di UK, untuk sharing business ideas dan bisa mendapatkan kesempatan kunjungan secara khusus, sekaligus memperkenalkan produk nursing wear lokal Indonesia, Emeno Nursing Wear.

Oya, tahun ini Kesempatan emas ini Let’s Go trade ini hanya diberikan pada 3 UKM yang terpilih dari Indonesia. Aldi dari Growbox, Ivan dari Lazuli Sarae dan saya dari Emeno Nursing Wear.

Keberangkatan ini penuh haru sekali. Saya diantar oleh keluarga besar Emeno sampai bandara. Terlihat agak drama waktu pamitan sama semua tapi memang benar itu yang dirasakan pada siang itu. Terutama pas pamitan sama Nina, tangis saya pecah karena nggak nyangka, usaha kecil yang kami bangun dari 3 tahun lalu tumbuh berkembang hingga sampai pada kesempatan emas ini. Saya nggak akan bisa sampai sejauh ini kalau tidak saling bekerjasama danmembantu. Dua staf mimin juara, Okta dan Septy juga ikut mengantar dan bikin mengharu biru melihat keduanya penuh semangat untuk melanjutkan kuliah tahun ini.

 20150806_161848

Ada lagi yang bikin tangis saya pecah, pamitan sama suami dan anak perempuan kesayangan yang nangis kenceng banget! Maklum ya, selama ini belum pernah ditinggal lama, paling lama waktu Umrah bulan Februari lalu. Mau sesulit apapun mendapatkan tiket dan kesempatan ini, nggak akan ada artinya kalau nggak ada ridho dari suami. Untuk usahanya menjaga Oza selama 3 minggu, untuk usahanya mengajarkan saya membaca peta selama beberapa malam menjelang saya berangkat (iya, saya kurang canggih baca peta :D) , untuk akses informasi yang begitu membuat saya jadi percaya diri dan untuk izin ‘visa’ saya bisa pergi hari itu, saya kehabisan kata-kata saat memeluk Agung di pintu masuk. Masih teringat saya menggeret koper sambil berlinangan airmata. Antara sedih meninggalkan keluarga tercinta, dan senang akan berangkat ke sebuah negeri yang penuh petualangan. Juga berdebar karena inilah pertama kalinya saya melakukan perjalanan jauh seorang diri setelah menikah.

20150806_162058

Tidak henti-hentinya saya mengucap syukur. Terbayang para sahabat baik yang juga ikut mendukung perjalanan saya dengan caranya masing-masingdan ikut memberikan bantuan moril dan materil. Mau nangis rasanya melihat kebaikan Allah melalui orang-orang yang dipilih-Nya. Makanya begitu sampai pesawat, saya langsung saja memasang headset dan larut dalam “surat seribu syukur”. Rasanya surat Ar-Rahman adalah ekspresi yang paling pas di saat-saat bahagia dan mendebarkan seperti itu.

20150806_180736

Oiya, saya pergi menggunakan pesawat Etihad yang transit ke Abu Dhabi. Perjalanan ini persis perjalanan Agung 7 tahun lalu saat dia ada training kantor ke UK. Jadi, segala tips dan trik dari Agung, benar-benar saya perhatikan sekali, salah satunya dengan nggak jalan-jalan terlalu jauh dari terminal keberangkatan di Abu Dhabi. Setiap kali bisa terkoneksi internet, langsung saya memberi kabar. Termasuk di dalam pesawat, ketika sudah bisa terkoneksi internet, saya terus menyelesaikan beberapa pekerjaan yang harus dikirim dan membalas satu persatu pesan-pesan manis teman-teman yang belum sempat terbaca. Sambil sebentar-sebentar, saya membuka Flight Path untuk mengecek posisi saya sudah berada di mana. Jadi, saat yang lain asyik onton film, saya bolak-balik sibuk nonton perjalanan pesawat yang saya tumpangi, haha agak norak ya? =)))

20150807_073431

20150807_073621

20150807_094830

 Saya bahkan masih ingat saat merekam indahnya langit London sesaat sebelum mendarat. Sampai-sampai saat orang lain sibuk berkemas, saya malah sibuk mengabadikan detik-detik roda pesawat menyentuh landasan pertama kalinya dari layar tv Etihad, haha.. pokoknya nggak mau kelewatan momen bersejarah ini deh.. =))

 

20150807_103853

Heathrow! Alhamdulillah akhirnya mendarat dengan lancar di Bandara super sibuk ini. Terus apa yang saya lakukan ketika pertama kali sampai di sana? menginap di mana dan apa saja agendanya? nantikan lanjutan cerita saya dalam #EmenoGoesToUK ya =)

 

Emeno Goes to UK-1 (1)

(Bersambung)

 

4 Comments

  1. vina
    September 26, 2015

    Akhirnyaa tayang jg di blog favorit akuh

    Reply
  2. Dewa Ayu Putu Novita
    October 6, 2015

    adeeeee…. turut terharuuuu membacanya. cepet selesaikan episode dua!

    Reply
    • Adenita
      February 26, 2016

      aaaa Dewa.. maaaf ya ini baru kebales komennya. Blognya baru dibersihin dari sarang laba-laba =))) Makasih ya, Wa! Tak sabar baca ceritamu ke Tokyo.. Good luck buat TokMarnya, Bagol ya! :*

      Reply
    • Adenita
      February 26, 2016

      aaaa Dewa.. maaaf ya ini baru kebales komennya. Blognya baru dibersihin dari sarang laba-laba =))) Makasih ya, Wa! Tak sabar baca cerita Tokyo Tripnya :*

      Reply

Leave a Reply